Makna Aqiqah

MAKNA AQIQAH

Menurut bahasa, Aqiqah berarti memutus / memotong. Sedangkan menurut istilah, Aqiqah adalah menyembelih kambing untuk anak yang baru dilahirkan pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya.

HUKUM AQIQAH

Sunah Muakkad (Sunah yang sangat dianjurkan) yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW.

YANG MENUNAIKAN AQIQAH

Yang menunaikan aqiqah bagi si anak yang baru lahir adalah tanggung jawab orang tua yang memikul nafkah si anak. Namun demikian dapat pula di tunaikan oleh orang lain atas kehendaknya sendiri. Misalnya dilakukan oleh seorang kakek untuk cucunya.

“Rasulullah SAW menyembelih aqiqah hasan dan Husain masing-masing 2 ekor qibasy” (HR. Nas’i)

WAKTU PELAKSANAAN AQIQAH

Diutamakan melaksanakan aqiqah pada hari ke 7 (tujuh) dari kelahirannya, adapun kalau belum bisa, boleh hari ke 14 (empat belas), hari ke 21 (dua puluh satu) atau kapan ia mampu.
Imam Malik berkata :
Pada dzohirnya bahwa keterikatan pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, andaikan pada hari itu belum bisa dilakukan, maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4 (empat) ke 8 (delapan) ke 10 (sepuluh) atau setelahnya, setelah aqiqah itu telah cukup.

JUMLAH KAMBING AQIQAH UNTUK ANAK LAKI-LAKI & PEREMPULAN

Yang Afdol anak laki-laki disembelihkan 2 (dua) ekor kambing, sedangkan anak perempuan 1 (satu) ekor, namun ada yang membolehkan untuk anak laki-laki cukup 1 (satu) ekor, terutama apabila dalam kesempitan, karena prinsipnya ajaran Islam adalah mempermudah bukan mempersulit.

JIKA ANAK BELUM DI AQIQAH ?

Dinyatakan dalam hadist, jika seorang anak belum di aqiqahi akan tergadai dengan Aqiqahnya.
Apa maksudnya ?
Imam ahmad bin Hambal menjelaskan yang dimaksud bila si anak meningal dunia sebelum di aqiqahi maka ia tidak dapat membei syafaat untuk kedua orang tuanya.

PEMBAGIAN DAGING AQIQAH

Pembagian daging aqiqah dibagikan sebagian kepada fakir miskin, panti sosial sebagai sedekah, dibagikan kepada kaum kerabat, tetangga, sahabat sebagai hadiah. .Sebaiknya daging aqiqah itu dimasak dahulu baru dibagikan dengan maksud untuk mempermudah orang yang dibagi/menerimanya. Juga boleh sebagian untuk di makan sendiri, Namun tidak lebih dari sepertiga bagian.

TIDAK BOLEH MENJUAL DAGING AQIQAH

Hukum daging aqiqah sama dengan qurban, yakni tidak boleh menjualnya kepada orang. Karena syariatnya adalah dengan dibagikan

HAL UMUM YANG BERKENAAN DENGAN KAMBING AQIQAH

Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan persyaratan kambing aqiqah terutama dalam hal usia kambing. Ada yang berpendapat harus 2 tahun, ada juga yang berpendapat 1 tahun, bahkan ada yang berpendapat 6 bulan lebih sudah boleh (Khusus untuk kambing domba).
Tapi ada juga sebagian ulama yang membolehkan dengan kambing apa saja, mengingat tidak ada dalil khusus mengenai persyaratan kambing aqiqah.